Tahapan Pertambangan Berbagai Mineral

Tahapan Pertambangan Berbagai Mineral

Tahapan Pertambangan Berbagai MineralPertambangan dapat diartikan sebagai sebuah industri yang memiliki bahan sumber daya alam ataupun bahan galian mineral. Kemudian bahan tersebut diproses dan dipisahkan dari material pengikut yang tidak diperlukan. Biasanya pada industri mineral menggunakan metode ekstrasi pada proses mendapatkan mineral yang ekonomis. Proses ekstraksi merupakan sebuah proses pemisahan mineral-mineral dari batuan terhadap mineral pengikut yang tidak diperlukan.

Berbagai mineral-mineral yang sudah tidak diperlukan lagi, ditahap selanjutnya akan  dijadikan sebagai limbah industri pertambangan dan mempunyai kontribusi yang cukup signifikan pada pencemaran dan degradasi lingkungan. Industri pertambangan ini dijadikan sebagai industri hulu yang dimana tempat ini dapat menghasilkan sumber daya mineral. 

Selain itu, industri pertambangan ini juga merupakan sumber bahan baku bagi industri hilir yang diperlukan oleh umat manusia diseluruh dunia. Sumber daya yang diperoleh dari hasil ekstraksi batuan-batuan yang ada di bumi dapat diartikan sebagai sumber daya mineral. Saat ini jenis dan manfaat sumberdaya mineral bagi kehidupan manusia modern sudah semakin tinggi dan semakin meningkat sesuai dengan tingkat kemakmuran dan kesejahteraan pada suatu negara.

Tahapan Pertambangan Berbagai Mineral

Ada beberapa tahap pertambangan yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum menuai hasil yang ekonomis dari kegiatan penambangan dalam usaha pertambangan. Berikut ini tahap yang harus dilalui, yaitu :

  1. Melakukan penyelidikan umum, dengan dilakukannya penyelidikan tersebut merupakan salah satu bagian usaha untuk menyelidiki secara geologi umum atau fisika di daratan perairan dan dari udara dengan maksud untuk membuat peta geologi umum atau untuk menetapkan tanda-tanda adanya bahan galian pada umumnya. 
  2. Bagian dari sebuah penyidikan geologi pertambangan yang dilakukan untuk menetapkan lebih teliti adanya sifat bahan galian merupakan bagian dari usaha eksplorasi.
  3. Usaha eksploitasi merupakan usaha pertambangan yang dilakukan agar menetapkan lebih teliti/seksama adanya sifat letakan bahan galian. 
  4. Usaha pengolahan dan pemurnian merupakan suatu usaha yang dimana pengerjaan dilakukan untuk mempertinggi mutu bahan galian serta untuk memanfaatkan dan memperoleh unsur-unsur yang terdapat pada bahan galian.
  5. Usaha pengangkutan merupakan kegiatan pemindahan bahan galian dan hasil pengolahan serta pemurnian bahan galian yang berasal dari daerah eksplorasi atau tempat pengolahan tersebut.
  6. Usaha penjualan merupakan kegiatan usaha yang dilakukan untuk menjual bahan galian dan hasil pengolahan atau pemurnian bahan galian.