Tambang Emas Terbesar di Dunia

Tambang Emas Terbesar di Dunia

Tambang Emas Terbesar di DuniaEmas merupakan sumber daya hasil perut bumi yang memiliki nilai jual tinggi, selain itu komoditas emas di dunia tidak pernah kehilangan pesona. Hingga kini permintaan emas hampir tidak pernah surut, justru setiap tahunnya selalu mengalami lonjakan yang cukup besar.

Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Selain itu peningkatan emas juga didasari oleh lonjakan yang terjadi pada investasi emas. Dengan meningkatnya investasi emas di berbagai belahan dunia, berarti produksi emas juga meningkat. Itu artinya akan semakin banyak pula pendapatan negara yang dihasilkan dari kegiatan ekspor emas. Di dunia, ada banyak negara yang dikenal sebagai negara tambang emas terbesar di dunia.

1. Rusia

Negara Rusia menjadi salah satu negara penghasil tambang emas terbesar di dunia. Lokasi tambang emas di Rusia berada di daerah Chutka, Voro,Olympiada, dan Khabarovsk. Di Rusia total produksi emas pertahun bisa mencapai 200 ton, bahkan bisa lebih. Selain itu, cadangan emas yang terdapat di Rusia sudah mencapai angka 7200 ton. Penambangan emas yang ada di daerah Olympiada, Rusia ternyata saat ini dimiliki oleh sang miliyader Rusia, yaitu Said Kerimov.

2. Uzbekistan

Uzbekistan menjadi negara dengan tambang emas terbesar di dunia yang dimana pada negara Uzbekistan terdapat cadangan emas mencapai 2100 ton. Penambangan emas yang berada di Uzvekistan terletak disebuah tempat di Padang Pasir Kyzyl dengan nama gurun kyzylkum, tambang emas tersebut dinamakan dengan tambang emas muruntau. Penambangan emas di Uzbekistan pertahunnya bisa mencapai angka 90 ton.

3. Papua Nugini

Papua nugini menjadi salah satu negara penghasil tambang emas terbesar di dunia karena terdapat 64,1 once emas pada pertambangan ini. Tambang emas yang berada di Papua Nugini terletak pada provinsi Irlandia baru, tepatnya di sebelah timur laut Port Moresby. Selain itu, Papua Nugini juga memiliki cadangan emas yang terletak di Lihir tepatnya didalam Kaldera Luise, tempat tersebut merupakan sebuah kawah gunung berapi yang sudah punah,akan tetapi masih aktif jika secara geotermal. Sebenarnya tambang emas tersebut 100 persen dimiliki dan di operasikan oleh Lihir Gold Limited sebelum akhirnya merger dengan Newcrest yang kedua orang tersebut berasal dari Australia.

4. Afrika Selatan

Tambang emas di afrika selatan terdapat di wilayah Witwatersran basin archae yang lokasinya tidak jauh dari Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan. Selain itu tambang emas di South Deep merupakan yang terbesar kedua di dunia. Pada jaman dulu South Deep dikenal sebagai Western Areas Gold Mine yang dimana operator dan pemilik tambang emas South Deep tersebut adalah berasal dari perusahaan yang bernama Gold Feld. Perusahan terkenal tersebut memiliki markas yang letak markas tersebut berada di Johannesburg. Di Afrika tambang emas yang diproduksi pertahunnya bisa mencapai angka 1900 ton emas,dan cadangan emasnya bisa mencapa 49.000 ton cadangan emas.Tidak heran jika negara Afrika menjadi salah satu negara dengan penghasil tambang emas terbesar di dunia.

5. Indonesia

Indonesi juga merupakan salah satu negara dengan penghasil tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas yang ada di Indonesia terletak di Grasberg, Papua. Diperkirakan di Grasberg tersebut ada 106,2 juta ounce cadangan emas yang dimana angka tersebut merupakan total dua kali lipatnya emas di Siberia. Tambang emas di Grasberg, Papua tersebut dapat memproduksi emas setiap tahunnya hingga mencapai angka 100 ton.