Kelebihan Konstruksi Baja Agar Rumah Lebih Aman

Kelebihan Konstruksi Baja Agar Rumah Lebih Aman

Kelebihan Konstruksi Baja Agar Rumah Lebih Aman – Ketika mendengar mengenai konstruksi baja, pasti terlintas gedung-gedung pencakar langit, pabrik-pabrik besar, ataupun jembatan. Ketahanan serta kekuatan baja memang tidak perlu diragukan lagi. Konstruksi baja yang sudah dikenal kokoh ini tidak hanya unggul pada kekuatan, tapi juga pada bobot dan instalasinya. Tak heran, konstruksi baja dapat membuat sebuah bangunan jadi lebih aman.

konstruksi baja

Kelebihan Konstruksi Baja

Meski biaya pemeliharaannya cukup tinggi, akan tetapi hal ini sebanding dengan beragam kelebihan yang dimiliki konstruksi baja. Selain itu, material baja juga cocok untuk konstruksi hunian. Nah, pada pembahasan kali ini, ingin membagikan informasi mengenai kelebihan yang dimiliki konstruksi baja yang mampu membuat rumah menjadi lebih aman. Simak penjelasan di bawah!

1. Lebih Ringan Ketimbang Konstruksi Kayu

Ketika baja serta kayu dipotong dalam ukuran tertentu yang sama, maka baja akan lebih berat daripada kayu. Akan tetapi, hal yang mengejutkan yaitu konstruksi baja berdasarkan karakteristiknya akan memiliki berat yang lebih ringan ketimbang konstruksi kayu.

Kelebihan konstruksi baja dalam hal ini yakni memudahkan desain pondasi rumah atau sebuah bangunan serta struktur penopang lainnya. Tentu saja, konstruksi baja yang ringan ini mampu memangkas kebutuhan tenaga dan anggaran ketika pengiriman dan pemasangan.

2. Konstruksi Baja Lebih Stabil dan Kompak

Beban mati pada konstruksi baja terhitung kecil, hal ini membuat baja dapat menopang dirinya sendiri pada bangunan yang tinggi atau luas. Selain itu, konstruksi baja dapat menjadi solusi ketika ingin membangun sebuah rumah di atas tanah yang labil.

Selain itu, tidak perlu khawatir dengan kualitas konstruksi baja, karena baja merupakan produk pabrik yang memiliki mutu terstandar. Di samping itu, kualitas konstruksi baja pun cenderung tidak berubah seiring waktu. Tidak salah bila konstruksi baja dikenal tahan lama.

3. Konstruksi Baja Dibangun Lebih Cepat

Jika diantara kalian ingin membangun rumah dalam tempo singkat, konstruksi baja dapat menjadi andalan. Baja sendiri dibuat dengan standar tinggi serta mudah dibentuk, sehingga dapat menyingkat waktu dalam pemilihan kualitas dan ukuran.

Selain gampang dibentuk serta disambungkan, konstruksi baja juga hanya perlu waktu yang pendek dalam proses instalasinya. Faktor human error pun jadi makin kecil.

4. Memiliki Daktilitas yang Tinggi Sehingga Lebih Aman

Daktilitas merupakan daya suatu material untuk merenggang hingga akhirnya putus. Luar biasanya, baja menjadi material yang memiliki daktilitas tinggi sehingga lebih elastis dan dapat menahan beban besar.

Keuntungan lain dari konstruksi baja, misalnya rangka atap baja ringan, akan memberikan tanda-tanda pembengkokan ketika beban yang diampu terlalu berat sehingga memberikan waktu yang cukup untuk mengantisipasi keruntuhan. Menjadikan hunian lebih tahan terhadap guncangan seperti gempa.

5. Konstruksi Baja Aman di Kantung

Selain faktor kekuatan serta keamanan, tak dipungkiri bahwa faktor ekonomi pun menjadi salah satu pertimbangan penting. Meskipun harganya terbilang mahal, konstruksi baja faktanya sangat awet serta bisa didaur ulang.

Sebuah konstruksi baja dapat bertahan puluhan tahun serta tidak begitu saja menjadi ‘sampah’. Di samping itu, konstruksi baja hanya memakan sedikit biaya perawatan, perbaikan, dan juga penggantian.

6. Konstruksi Baja Ramah Lingkungan

Konstruksi baja dapat didaur ulang menjadi produk lain setelah tidak digunakan lagi. Itulah sebabnya baja menjadi material paling banyak didaur ulang. Proses ini turut membantu mengurangi emisi karbon dioksida.