Jenis dan Kelebihan Baja Ringan Taso

Jenis dan Kelebihan Baja Ringan Taso

Jenis dan Kelebihan Baja Ringan Taso – Sekarang ini baja ringan sudah banyak menggantikan fungsi kayu atau baja konvensional untuk menyangga rumah. Salah satu brand baja ringan yang sangat terkenal di pasaran yaitu baja ringan taso. Rangka baja ringan taso memanfaatkan teknologi terbaru untuk struktur atap yang menerapkan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan.

baja ringan taso

Baja ringan taso terbuat dari bahan atap galvalum, merupakan material baja dengan pelapisan yang memiliki kandungan unsur karbon, alumunium dan juga zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standart ISO. Nah, Apa saja jenis-jenis dan kelebihan dari baja ringan taso?

Jenis Baja Ringan Taso

  • Baja Ringan Taso Memiliki Bentuk “Canal” atau “C”

Jenis baja ringan taso memiliki bentuk “canal” atau “C” ini adalah produk baja ringan taso yang paling umum digunakan. Bentuk ini dapat dimanfaatkan sebagai penyusun konstruksi baja ringan sebagai rangka atap rumah atau gedung. Baja ringan taso ini pun sudah banyak tersedia di pasaran sehingga tidak perlu bingung-bingung lagi di mana untuk dapat menemukan baja ringan taso model “C” ini.

Bentuk ini juga menjadi bentuk tertua pada material batang baja ringan taso. Bentuk ini dimanfaatkan pada baja konvensional jauh sebelum adanya baja ringan yang hingga saat ini masih dipakai. Keunggulan dari baja ringan taso model “C” yaitu pada saat digabungkan dua batang baja ringan yang saling berhadapan dapat disatukan menjadi bentuk kotak, sehingga memperkuat rangka satu sama lain.

  • Baja Ringan Taso Model Reng

Baja ringan taso model Reng merupakan baja ringan taso yang memiliki bentuk seperti huruf “A”. Baja ringan taso ini merupakan balok kecil yang dimanfaatkan sebagai dudukan genteng untuk rangka atap baja ringan. Baja ringan reng dimanfaatkan untuk pengikat kuda-kuda serta gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.

Baja ringan reng merupakan profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Memiliki fungsi sebagai penahan genteng dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih pas perletakannya.

Kelebihan Baja Ringan Taso

  • Baja Ringan Taso Anti Karat

Bahwa besi dan baja merupakan elemen yang berbeda. Apabila besi dalam waktu yang panjang dapat mengalami karat, maka baja ringan tidak akan mengalami karat. Hal ini disebabkan bahan utama baja ringan terbuat dari galvalum, yaitu sebuah pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, karbon, dan juga alumunium.

Rangka baja ringan taso cocok dimanfaatkan pada garasi dengan carport karena seringnya paparan panas dan hujan, sehingga dalam jangka waktu yang lama kalian tidak perlu melakukan perawatan rutin.

  • Pemasangannya Cukup Mudah

Penggunaan baja ringan taso untuk rangka struktur bangunan cocok untuk kalian yang ingin menekan budget serta waktu pembangunan. Pemasangan baja ringan taso juga sangat gampang karena hanya dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti rangka besi yang harus dirakit menggunakan mesin las serta jelas memakan waktu yang lama. Bobot baja ringan juga tentu lebih ringan daripada rangka besi sehingga dapat dikerjakan oleh beberapa orang pekerja saja.

  • Biaya untuk Baja Ringan Taso Jauh Lebih Terjangkau

Secara keseluruhan saat dimulainya pembangunan hingga perawatan, biaya yang dikeluarkan untuk rangka baja ringan taso dapat dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan kerangka dari bahan lainnya. Pada segi pemasangan pun lebih murah karena rangka baja ringan taso memerlukan waktu yang lebih cepat dengan penggunaan baut-baut khususnya.

Untuk segi perawatan, baja ringan taso hampir tidak memerlukan tambahan lapisan khusus serta jauh lebih awet ketimbang bahan yang lain. Kemungkinan rusaknya pun kecil sehingga tidak perlu mengeluarkan uang kembali untuk biaya perawatan dalam jangka waktu tertentu.

  • Baja Ringan Taso Memiliki Bahan yang Anti Terbakar

Untuk sisi keamanan rangka baja ringan taso dapat menjadi pertimbangan utama
dalam mencegah kebakaran rumah. Rangkanya merupakan non-combustible, yakni tidak bisa membesarkan api. Sewaktu-waktu rumah mengalami musibah kebakaran, baja ringan taso tidak akan membuat api semakin besar serta menjalar ke sisi lainnya.

  • Baja Ringan Taso Anti Rayap

Ini merupakan satu kelebihan yang jelas membedakan keistimewaan baja ringan taso dengan rangka bangunan dari bahan kayu. Tidak seperti rangka kayu, baja ringan taso tidak akan mengalami serangan rayap karena materialnya tidak dapat dimakan rayap.

  • Baja Ringan Taso Tidak Mengalami Proses Pemuaian serta Penyusutan

Satu lagi keistimewaan dari baja ringan taso yaitu ketahanannya yang luar biasa terhadap perubahan cuaca. Di saat bahan lainnya mengalami proses pemuaian serta penyusutan akibat bergantinya cuaca, rangka baja ringan ini tidak akan memuai ataupun menyusut.

  • Baja Ringan Taso Memiliki Sifat Liat serta Daktilitas yang Baik

Sifat liat merupakan kemampuan baja ringan taso untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar serta mampu menopang beban yang cukup berat. Pada istilah teknik sipil, baja ringan taso sanggup menahan deformasi yang besar tanpa mengkakibatkan keruntuhan pada beban tarik satu sama lainnya. Baja ringan taso dapat menahan beban konstruksi tanpa menyebabkan kehancuran.

Hal ini berbeda dengan material baja konvensional atau kayu yang memiliki sifat keras dan getas yang akan langsung hancur apabila dikenai beban kejut yaitu yang dinamakan proses daktilitas yang kuat. Rangka atap baja ringan taso dapat diberikan kelenturan, beban kejut, dan juga beban geser sehingga bentuk strukturnya pun bisa lebih fleksibel dengan kondisi tertentu bila sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal lainnya.