Batu Marmer Material Mewah nan Mempesona

Batu Marmer Material Mewah nan Mempesona

Batu Marmer Material Mewah nan Mempesona –  Batu marmer adalah batuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur. Corak dari batu marmer yang asli tidak bisa diseragamkan karena secara alami alur yang dimilikinya berbeda-beda.

Corak-corak yang dihasilkan pada batu marmer adalah hasil dari proses pembentukan batuan secara alami. Batu marmer kerap ditemukan sebagai batu yang memperindah rumah, sebagai batu yang digunakan untuk lantai, dinding, dan juga furnitur seperti meja serta kursi.

batu marmer

Fakta Mengenai Batu Marmer Material Mewah nan Mempesona

Alasan mengapa batu marmer ini kerapkali dipilih sebagai batu penghias rumah yaitu karena batu ini memiliki tampilan yang sangat indah sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk dekorasi bangunan dan juga mudah dipahat. Dibawah ini penjelasan lebih lengkap mengenai material mewah batu marmer ini, simak penjelasan berikut.

  • Batu Marmer Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

Batu marmer telah terkenal memiliki kegunaan dekoratif dan struktural pada suatu hunian, terlebih pada hunian-hunian kelas atas. Batu marmer juga bisa digunakan pada bagian interior ataupun eksterior rumah, seperti digunakan pada dinding eksterior dan veneer, lantai, fitur-fitur rumah yang dekoratif, tangga serta jalan setapak di dalam maupun di luar rumah.

Dengan demikian suatu rumah akan memiliki dekorasi yang indah dengan batu marmer sebagai bahan utama penyusunnya. Batu marmer jika dijadikan bahan konstruksi rumah akan membawa kesan mewah dan eksklusif.

  • Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Macam-Macam Furnitur

Dengan banyaknya macam serta bahan pembuatan furnitur, tidak hanya kayu, namun batuan alam seperti batu marmer menjadi salah satu bahan yang juga terkenal di masyarakat. Tersedia beraneka macam furnitur yang memakai bahan dasar batu marmer seperti meja, kursi, jendela, dan juga guci.

Tentu dipilihnya batu marmer sebagai bahan pembuat furnitur karena memiliki sifat yang lunak dan mudah dipahat. Selain itu, batu marmer merupakan jenis batu alam yang mampu tembus cahaya sehingga ia cenderung lunak jika menerima benturan. Patung-patung pada rumah mewah serta ornamen seni juga menggunakan batu marmer sebagai bahan dasarnya. Beberapa di antara patung yang menggunakan batu marmer yaitu patung Artemis.

  • Bisa Dijadikan Pupuk

Batu marmer yang dipanaskan mampu mengusir karbondioksida yang memiliki kandungan dalam kalsit tersebut, sehingga yang tersisa yaitu kalsium dioksida atau zat kapur yang bisa digunakan sebagai kapur pupuk untuk lahan pertanian, yaitu untuk mengurangi keasaman dalam tanah. Jika diterapkan bersama-sama dengan pupuk, hal tersebut akan meningkatkan hasil pertanian.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Agricultural Research Service, Departemen Pertanian Amerika Serikat pada lahan jagung menyatakan bahwa sebagian dari ladang jagung yang tidak ada kandungan unsur kapur dan pupuk menyebabkan tanaman tersebut berjuang untuk bertahan hidup.

  • Sebagai Bahan Dasar Pembersih Rumah

Selain digunakan untuk bahan keindahan atau hiasan, ternyata batu marmer juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembersih rumah. Batu marmer ini terdiri dari kalsit, yaitu semacam mineral dengan kekerasan Mosh tiga. Maka dari itulah batu marmer kerap digunakan sebgai bahan dasar dalam pembuatan cairan pembersih kamar mandi ataupun dapur. Karena batu marmer memiliki sifat lembut, pembersih dari batu marmer tidak menyebabkan goresan atau kerusakan lainnya.

  • Warna dan Motifnya Bervariasi

Batu marmer dengan keunikannya yang natural mempunyai warna serta motif yang bervariasi. Batu marmer pun dapat digunakan secara utuh atau dalam bongkahan bidang lebar maupun dipotong menjadi tile yang disusun secara utuh tanpa perlu dipoles dengan tambahan motif dan warna, karena batu marmer telah memiliki keindahan motifnya sendiri.

  • Tahan Panas

Batu marmer merupakan batu yang yang tidak menghantarkan panas dan menjadi konduktor yang tidak terlalu baik. Oleh sebab itu, batu marmer mampu tahan dari sengatan panas serta hampir tidak bisa terbakar. Akan terasa sejuk apabila menggunakan batu marmer sebagai bahan desain lantai di rumah, bahkan saat udara gerah sekalipun. Batu marmer ini cocok digunakan pada lantai di rumah-rumah beriklim tropis.

  • Tidak Mudah Tergores

Batu marmer juga tidak mudah tergores. Permukaannya yang mengkilap juga tak mudah membuat batu marmer memudar meskipun telah lama. Bahkan saat adanya banyak gesekan-gesekan pada lantai batu marmer.

  • Mudah Dibersihkan

Ini kelebihan utama dari batu marmer. Perlu waktu yang lama pada batu marmer untuk kehilangan kilauannya serta menjadikannya kusam. Akan tetapi, jika suatu saat batu marmer telah mengalami kekusaman, tidak perlu khawatir karena batu marmer bisa dengan mudah dibersihkan dan akan mengembalikan kembali kilauannya. Tersedia cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan lantai marmer di pasaran.

  • Tahan Lama

Batu marmer sebagai bahan bangunan, khususnya untuk elemen eksterior akan lebih mudah beradaptasi dengan iklim dan musim di lingkungan luar rumah, karena pada dasarnya batu marmer merupakan bahan alami yang terbentuk dari suhu dan tekanan yang tinggi serta tidak mudah melengkung.