Kemegahan Gedung Tertinggi di Dunia

Kemegahan Gedung Tertinggi di Dunia

Kemegahan Gedung Tertinggi di Dunia – Kesan pertama yang didapat saat memandang gedung tertinggi di dunia yakni megah dan kokoh. Gedung tinggi diklaim mewakili ikon modernitas, saat ini tersebar di sejumlah negara serta dibangun menggunakan teknologi canggih dan juga material terbaik untuk meningkatkan kekuatan konstruksi.

kemegahan gedung dunia

7 Kemegahan Gedung Tertinggi di Dunia

Beragam gedung tertinggi di dunia memiliki fungsi untuk berbagai keperluan, mulai untuk perkantoran, hotel hingga sarana wisata. Sebagai inspirasi, berikut beberapa kutipan megahnya 7 gedung tertinggi di dunia. Simak penjelasan sebagai berikut!

  • Makkah Royal Clock Tower

Makkah Royal Clock Tower

Berada di Mekah, salah satu arsitektur Islam terindah ini memberikan suasana modern di jantung kota suci umat Islam. Makkah Royal Clock Tower dengan ketinggian 601 meter serta turut dijadikan fasilitas umat muslim saat menjalankan ibadah haji karena lokasinya yang sangat berdekatan dengan Masjidil Haram. Tidak hanya menjadi gedung tertinggi di dunia, Makkah Royal Clock Tower juga disebut sebagai menara jam terbesar di dunia mengalahkan Big Ben di London.

  • Burj Khalifa

Burj Khalifa

Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, Burj Khalifa menjadi gedung tertinggi di dunia dengan bangunan mencapai ketinggian 826 meter yang dibuka pada tahun 2010. Menjadi simbol bangunan mewah nomor satu di dunia, Burj Khalifa terdiri dari 160 lantai dengan 304 unit hotel serta 900 unit apartemen. Dibuat dengan konstruksi bebas tanpa penyangga, gedung tertinggi di dunia ini juga dilengkapi elevator tercepat hingga 60 km/jam untuk memudahkan akses semua pengunjung.

  • Shanghai Tower

Shanghai Tower

Dibuka pertama kali tahun 2015, Shanghai Tower memiliki ketinggian 632 meter yang dibangun oleh arsitek Jun Xia dan Marshall Strabala. Gedung tertinggi di dunia ini terdiri dari 121 lantai dengan berbagai fungsi, mulai dari pertokoan, perkantoran, restoran, tempat rekreasi, museum, dan juga sky lobby. Memiliki rancangan unik dengan fasad yang dibuat spiral dan melengkung, Shanghai Tower terletak di antara Shanghai World Financial Center dan Jin Mao Tower.

  • Ping An Finance Center

Ping An Finance Center

Masih dari Asia, gedung tertinggi di dunia lainnya yaitu Ping An Finance Center yang berlokasi di Distrik Futian, Shenzhen, Tiongkok. Dengan ketinggian mencapai 599 meter, bangunan ini menghubungkan kawasan properti komersil dan juga residensial, termasuk koridor rel dengan kecepatan ekstra tinggi yang memiliki nama Pearl River Delta. Mulai dibangun pada tahun 2010 hingga 2017, Ping An Finance Center juga terdiri dari 115 lantai yang didukung dengan 80 lift untuk memfasilitasi setiap pengunjung.

  • Lotte World Center

Lotte World Center

Jika kebanyakan gedung tertinggi di dunia mengangkat rancangan dengan desain futuristik, Lotte World Center memamerkan aksen tradisional Korea. Melalui tinggi bangunan dengan ketinggian mencapai 554,5 meter, gedung ini berdiri sangat kokoh dan menonjol diantara bangunan di sekelilingnya.

Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2017, gedung tertinggi di dunia ini memiliki beragam fasilitas, mulai dari perkantoran, ritel, hotel bintang 7, bahkan officetel berupa fasilitas apartemen studio yang dijadikan sebagai tempat tinggal untuk para pekerja di Lotte World Center.

  • One World Trade Center

One World Trade Center

Selesai dibangun pada tahun 2015, One World Trade Center menjadi simbol baru Amerika Serikat dengan rancangan unik dengan gaya heksagonal. Dengan ketinggian mencapai 541 meter, bangunan ini didirikan diatas lahan World Trade Center yang hancur pada tragedi tahun 2001. Sementara itu, penamaan awal gedung tertinggi di dunia ini yaitu Freedom Tower, akan tetapi berubah menjadi One World Trade Center karena lebih mudah diingat oleh setiap orang.

  • International Commerce Centre

International Commerce Centre

Terletak di Hong Kong, International Commerce Centre memiliki tinggi 484 meter. Terdiri dari 108 lantai dengan dukungan lift mencapai 30 unit, gedung ini juga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan karena berhadapan dengan Pelabuhan Victoria. Tidak hanya itu, International Commerce Centre juga menawarkan sensasi dramatis karena fasad pada bangunan difungsikan untuk pertunjukan musik dan cahaya yang dilakukan setiap malam.