Pengertian Batu Bata dan Fungsinya

Pengertian Batu Bata dan Fungsinya

Pengertian Batu Bata dan FungsinyaBatu bata merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan dinding suatu bangunan. Batu bata terbuat dari tanah hitam atau tanah liat yang dibakar hingga berubah warna menjadi kemerah-merahan. Tanah dan air merupakan bahan utama pembuatan batu bata merah. Ukuran dan bentuk batu bata yang dihasilkan bervariasi.

Pengertian Batu Bata dan Fungsinya

Batu bata sendiri telah dikenal sejak lama dan diaplikasikan oleh masyarakat baik di perkotaan atau pedesaan untuk bahan konstruksi. Hal tersebut bisa dinilai dari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat guna memproduksi batu bata berkualitas. Batu bata banyak diaplikasikan dalam bidang teknik sipil untuk pondasi, bendungan, bangunan dinding pada gedung, saluran, dan masih banyak lainnya.

Batu bata jelas lebih kokoh dan mempunyai harga yang lebih ekonomis, jika dibandingkan dengan bahan-bahan pembentuk dinding lainnya seperti bambu dan kayu. Selain itu, batu bata juga banyak digunakan karena dapat membuat kesan yang natural dalam sebuah bangunan.

Batu bata yang mempunyai kualitas tinggi, biasanya tidak mudah remuk walau terendam di dalam air dalam waktu yang lama. Kualitas ini penting diperhatikan, karena semakin baik kualitas batu bata yang dipakai akan semakin kuat struktur dinding yang dibangun.

Fungsi Batu Bata

Meskipun bukan pekerja bangunan, pastinya siapapun tahu tentang batu bata. Batu bata sangat akrab dengan kehidupan kita sehari hari terutama dalam bidang konstruksi. Dibuat dari tanah liat yang dibentuk dengan cetakan berukuran tertentu kemudian dibakar.

Spesi atau perekat antar batu bata merupakan hal penting untuk menjaga mutu dari dinding suatu bangunan. Hasil campuran perekat batu bata yang baik akan menyebabkan dinding kita dapat bertahan terhadap resapan air dari air hujan maupun tanah dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama atau awet. Semakin baik kualitas spesi yang dipakai untuk merekatkan batu bata, akan semakin berkualitas pula dinding yang kita buat.

Kualitas yang dimiliki oleh batu bata bermacam-macam tergantung media pembakarnya dan bahan yang dibuatnya. Ada yang membakar memakai kayu bakar, ada pula yang memakai sekam. Kualitas pembakaran menggunakan kayu bakar, mempunyai kualitas lebih baik atau grid yang lebih tinggi.

Fungsi batu bata juga dapat diaplikasikan sebagai gewel dan memiliki nilai yang lebih ekonomis dari pada memakai kuda-kuda dari kayu. Dinding bangunan yang memakai bahan batu bata akan mempunyai daya serap terhadap panas yang cukup baik sehingga terasa nyaman dan aman.