Pengecoran Beton Saat Hujan

Pengecoran Beton Saat Hujan

Pengecoran Beton Saat Hujan – Dalam berbagai proyek pembangunan, faktor cuaca merupakan faktor penentu keberhasilannya. Bila ada masalah yang berkaitan dengan kesalahan manusia maka kita akan mudah mengevaluasi dan memperbaikinya. Namun akan menjadi masalah bila masalah yang terjadi karena disebabkan masalah alam.

Pengecoran Beton Saat Hujan

Bila berbicara mengenai hal tersebut tentu kita akan bertanya apakah bisa pekerjaan seperti pengecoran beton dilakukan ketika cuaca hujan? Dalam proyek pembangunan tentu terdapat time schedule yang harus dicapai. Untuk itu mari kita simak pembahasan berikut.

Pengecoran Beton Saat Hujan

Pertanyaan tersebut tentu seringkali muncul dibenak para pekerja proyek. Seringkali target atau jadwal yang ditetapkan tidak memperhatikan faktor cuaca, padahal faktor ini akan sangat berpengaruh pada proyek yang dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru atau tidak sempurna tentu akan membuat bangunan tidak tahan lama seperti yang direncanakan.

Proses pengecoran adalah salah satu pekerjaan yang akan sangat terganggu oleh faktor cuaca khususnya hujan. Hujan yang datang ketika proses pengecoran tentu akan sangat mempengaruhi kualitas jalan beton.

Saat hujan datang maka material atau agregat penyusun beton seperti semen, pasir dan batu akan sangat terpengaruh. Resiko terbesarnya adalah semua bahan tersebut tidak dapat menyatu dan bahkan membeku sehingga kualitas beton yang dihasilkan menurun. Akan menjadi masalah besar bila hujan turun sepanjang hari dan proyek pembangunan tidak mempunyai alat pemadat beton yang memadai.

Bolehkah pengecoran dilakukan ketika hujan?

Ketika proses pengecoran harus dilakukan namun hujan turun tentu kita akan bertanya apakah proses pengecoran tetap bisa dilakukan? Untuk menjawabnya sebaiknya kita melakukan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kadar kekuatan beton sudah memenuhi. Khususnya adalah untuk beton yang diaplikasikan pada fasilitas publik seperti jalan beton.

Menurut teori, apabila hujan yang turun tidak terlalu deras maka proses pengecoran masih tetap bisa dilakukan. Hal ini karena hujan yang tidak terlalu deras tidak akan membuat campuran beton menjadi sangat encer. Namun bila proyek pengecoran harus segera dilakukan karena waktu sudah sangat mepet maka diperlukan pelindung hujan hingga beton terpasang sempurna.

Ketika pengecoran yang dilakukan saat terjadi hujan, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

  1. Pastikan bekisting atau wadah untuk pencetakan cor sudah terpasang sempurna baik itu bentuknya maupun kebersihan dari kotoran seperti kayu atau sampah lainnya. Pastikan pula tidak ada bekisting yang berlubang atau bocor.
  2. Pastikan proses pengecoran dilakukan secepat mungkin untuk menghindari material yang tercecer maupun segresi. Pastikan alat yang digunakan untuk pengecoran siap dan memadai untuk pengerjaan yang dilakukan secara cepat.
  3. Sebaiknya lakukan slump test.
  4. Pastikan tulangan beton sudah terpasang sesuai perencanaan, selain itu beton deking sudah ada diposisi yang tepat. Pastikan pula tulangan beton bersih dari bahan organik dan kotoran.
  5. Pastikan alat-alat dalam proses pengecoran siap dan memadai.
  6. Seharusnya pengecoran dilakukan dari tempat terjauh lebih dulu.
  7. Proses pengecoran harus dilakukan secara terus-menerus, tidak boleh terjeda.
  8. Pasca pengecoran sebaiknya proses perawatan beton rutin untuk dilakukan.

Dapatkan konsultasi seputar konstruksi di laman “kontak kami” serta berbagai referensi berbagai alat ukur seputar konstruksi. CV. Java Multi Mandiri distributor alat ukur dan alat uji memiliki keahlian di bidang konstruksi dan pembangunan.