Jenis Jenis Pondasi Rumah

Jenis Jenis Pondasi RumahPondasi rumah adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang mempunyai fungsi untuk menahan berat beban semua bagian yang berada di atasnya. Selain itu pondasi rumah juga ada yang berperan vital. 

Jenis-Jenis Pondasi Rumah

Kondisi baik tidaknya pondasi rumah juga dapat untuk memastikan apakah sebuah bangunan bisa bertahan lama dan kuat menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Pondasi rumah sendiri memiliki dua kategori yaitu jenis pondasi dangkal dan jenis pondasi dalam.

Jenis Jenis Pondasi Rumah Berdasarkan Kategorinya

Masing-masing kategori tersebut pun memiliki berbagai jenis pondasi lagi dengan kelebihan yang berbeda-beda. Apa sajakah itu? Berikut beberapa jenis pondasi rumah berdasarkan kategori dan kelebihannya, antara lain :

Jenis Pondasi Kategori Dangkal

1. Jenis Pondasi Rumah Tapak

Jenis pondasi rumah ini terletak tepat berada di bawah kolom dan terbuat dari beton bertulang. Jenis pondasi rumah tapak ini juga merupakan seperti sebuah tiang dengan kedalaman pondasi yang sampai pada tanah keras dan cocok untuk bangunan tinggi serta dapat berdiri di tanah yang lembek.

Kelebihan jenis pondasi rumah tapak bila dilihat dari sisi harga,  jauh lebih murah. Disisi lain, galian tanah yang dilakukan lebih sedikit dan hanya pada kolom struktur saja serta lebih unggul dari jenis pondasi rumah batu belah atau kali untuk penggunaan bangunan bertingkat.

2. Jenis Pondasi Rumah Plat Beton Lajur

Bila luas penampang yang menggunakan pondasi plat setempat terlalu besar maka jenis pondasi rumah plat beton lajur inilah solusinya. Oleh sebab itu penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar.

Jenis pondasi ini juga memiliki kesamaan dengan jenis pondasi rumah tapak yaitu relatif murah. Selain itu jenis pondasi rumah plat beton lajur ini juga handal digunakan untuk bangunan bertingkat baik sebagai penopang beban vertikal maupun horizontal dibanding pondasi rumah jenis batu belah dan aman terhadap bencana alam seperti gempa bumi, ledakan serta angin.

3. Jenis Pondasi Rumah Tikar

Jenis pondasi rumah tikar ini diaplikasikan untuk menyebarkan beban dari struktur atas area yang lebih luas. Biasanya jenis pondasi rumah ini juga digunakan pada kondisi beban kolom atau beban struktural lain yang berdekatan dengan pondasi rumah dan saling berinteraksi.

Mampu mengurangi penurunan setempat dengan cara plat beton yang akan mengimbangi gerakan berbeda antara posisi beban merupakan keunggulan dari jenis pondasi rumah tikar ini. Umumnya, jenis pondasi tikar ini dipakai pada kondisi tanah yang longgar atau lunak.

4. Jenis Pondasi Rumah Sumuran

Jenis pondasi yang dicor di tempat dengan menggunakan komponen bahan bangunan beton dan batu belah sebagai pengisinya merupakan pengertian dari jenis pondasi rumah sumuran. Jenis pondasi ini digali pada tanah seperti menggali sumur dengan kedalaman mencapai 8 meter dan memiliki diameter 60 hingga 80 cm.

Jika lokasi pembangunan jauh sehingga tidak memungkinkan dilakukan transportasi untuk mengangkut tiang pancang, maka jenis pondasi rumah sumuran ini adalah pilihan yang tepat dan menjadi kelebihan dari jenis pondasi rumah ini.

5. Jenis Pondasi Rumah Strauss Pile

Jenis pondasi rumah yang masuk dalam kategori dangkal merupakan jenis pondasi rumah strauss pile. Jenis pondasi ini umumnya dipakai pada bangunan yang bebannya tidak terlalu berat. Contohnya adalah untuk desain rumah tinggal atau bangunan lain yang memiliki bentang antar kolom tidak panjang. Jenis pondasi rumah ini juga memiliki kelebihan yaitu ujung pondasi dapat bertumpu pada tanah keras dan volume beton yang digunakan tidak banyak.

6. Jenis Pondasi Rumah Rakit

Jenis pondasi rumah rakit adalah salah satu jenis pondasi yang  menggunakan pengaplikasian pelat beton besar yang berperan sebagai pengantai permukaan dari satu atau lebih kolom dalam beberapa jalur atau garis dengan tanah.

Jenis pondasi rumah rakit ini mempunyai keunggulan bisa diterapkan pada kondisi tanah yang lunak atau pun pada bangunan yang memiliki jarak kolom yang sangat dekat dengan semua arah. Oleh sebab itu, sisinya akan saling berhimpit satu sama lain jika menggunakan telapak.

7. Jenis Pondasi Rumah Umpak

Jenis pondasi umpak diletakkan di atas tanah yang sudah menjadi keras dan padat, oleh sebab itu jenis pondasi rumah umpak ini termasuk ke dalam kategori pondasi dangkal. Pemakaian jenis pondasi ini ditopang oleh pondasi batu kali yang ada di dalam tanah.

Jenis pondasi ini mempunyai kelebihan dapat membentuk struktur yang sudah lunak sehingga membuat bangunan dapat menyesuaikan dengan gerakan atau goyangan di dalam permukaan tanah. Hal itu membuat bagian tiang pada bangunan tidak mudah hancur atau retak saat terjadi gempa.

Jenis Pondasi Rumah Kategori Dalam

1. Jenis Pondasi Rumah Tiang Pancang

Jenis pondasi rumah tiang pancang merupakan sebuah konstruksi pondasi yang dapat menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Jenis pondasi rumah tiang pancang memiliki keunggulan bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras yang tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga leatan pada sekeliling tiang. Sehingga kita akan mendapatkan mutu beton terjamin karena dibuat dengan sistem pabrikasi.

2. Jenis Pondasi Rumah Bore Pile

Jenis pondasi rumah bore pile ini disebut juga dengan nama caissons. Jenis pondasi rumah ini umumnya dibangun di dalam permukaan tanah dengan cara membuat lubang memakai bor, selanjutnya pondasi dimasukkan sampai ke kedalaman tanah yang diperlukan.

Kelebihan dari dari jenis pondasi rumah bore pile ini yaitu bisa membantu struktur bagian dalam untuk melawan kekuatan gaya lateral dan bisa menahan beban struktur dalam melawan gaya angkat.

3. Jenis Pondasi Rumah Piers

Jenis pondasi rumah piers adalah salah satu jenis pondasi yang berfungsi  untuk meneruskan beban berat struktural pada suatu bangunan dengan cara menggali tanah sampai dalam, selanjutnya jenis pondasi piers ini dipasang ke dalam tanah yang sudah digali tersebut.

Umumnya, jenis pondasi rumah piers ini dibuat memakai beton bertulang precast yang membuat aturan perencanaan jenis pondasi piers terhadap balok beton diafragma. Aturan itu harus mengikuti setiap ukuran ketinggian pondasi yang direncanakan. Selain itu pondasi rumah ini juga memiliki keunggulan, harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis pondasi rumah menerus.