1. Home
  2. »
  3. Artikel
  4. »
  5. Jenis Alat Berat dan Fungsinya

Jenis Alat Berat dan Fungsinya

Jenis Alat Berat dan Fungsinya – Alat berat merupakan mesin besar yang dirancang untuk digunakan dalam melakukan pekerjaan konstruksi. Pekerjaan ini adalah seperti pemindahan bahan bangunan, pengerjaan jalan, pembangunan gedung besar, serta pertambangan yang membutuhkan sumber daya.

Jenis Alat Berat dan Fungsinya

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis alat berat beserta fungsinya :

1. Ecavator atau Bego

Pada umumnya alat berat yang satu ini banyak diaplikasikan dalam penggalian tanah dan membantu dalam pemindahan tanah atau material lain ke dalam truk. Selain itu, alat yang sering disebut dengan nama bego ini juga dapat diaplikasikan untuk perataan tanah, penancapan batang pondasi, pengerukan sungai, serta memindahkan material berat.

2. Bulldozer

Jenis alat berat ini pada umumnya digunakan untuk mengolah suatu lahan yang dalam pengaplikasiannya biasanya sebagai alat dorong material tanah, hasil galian, baik ke arah depan, ke arah samping atau bisa juga untuk memuat timbunan material.

3. Wheel Loader

Ini merupakan alat berat yang memiliki fungsi hampir mirip seperti dozer, yaitu sebagai alat berat yang digunakan untuk memindahkan barang atau material dari satu tempat lainnya. Selain itu, wheel loader ini juga berfungsi untuk membersihkan lapangan atau lokasi pekerjaan, meratakan permukaan atau menghaluskan permukaan bidang rata, menggusur tanah dalam jarak dekat, meratakan timbunan tanah dan mengisinya kembali.

4. Wales Stump

Alat berat ini sebenarnya memiliki nama Vibro Roller namun sering disebut dengan sebutan stum atau mesin galindong. Dalam penggunaannya alat ini dapat berfungsi untuk memadatkan permukaan tanah atau aspal. Alat ini terdiri dari berbagai ukuran dipasaran, sehingga alat tersebut dapat digunakan pada berbagai macam lahan.

5. Crane

Alat ini memilki fungsi sebagai media dalam pengangkutan atau pemindahan bahan material dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Pada pengaplikasiannya, alat ini umumnya diaplikasikan pada proyek pembangunan gedung untuk memudahkan pekerja memindahkan material dari bawah ke atap gedung. Selain itu, crane juga dapat bergerak dengan mekanis secara vertikal ataupun horizontal.

6. Grader

Alat yang banyak dikenal dengan sebutan motor grader ini adalah alat berat yang dengan pisau panjang yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah secara mekanis. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat berfungsi dalam melakukan penggusuran tanah, meratakan tanggul, mencampur tanah, serta mengurug kembali galian tanah yang ada. Alat ini biasanya digunakan dalam tahap akhir dalam memperbaiki.

7. Scraper Scraper

Adalah alat berat yang banyak dipakai dalam pemotongan lereng tanggul ataupun lereng bendungan. Biasanya orang-orang menyebut alat ini dengan sebutan motor scraper. Alat ini juga bisa dipakai dalam bekerja untuk memudahkan dalam penggalian tanah yang ada di antara bangunan beton serta dapat pula digunakan untuk melakukan perataan jalan raya. 

8. Asphalt Paver

Asphalt Paver merupakan jenis alat berat yang kerap disebut dengan sebutan asphalt finisher. Alat ini merupakan sebuah alat yang dapat menghamparkan campuran aspal yang sebelumnya sudah dibuat oleh alat produksi aspal. Namun, alat ini memiliki kekurangan yang dimana dalam perputaran roda kelabang manuvernya terlihat lebih lama dan lantaran roda karet yang digunakan pada daya ambangnya terasa lebih kasar. 

9. Diesel Dammer

Alat berat ini merupakan alat yang digunakan untuk memancang atau memukul tiang pancang ke dalam tanah. Pada pemakaiannya biasanya dipakai untuk membangun pondasi pada bangunan bertingkat, dermaga, jembatan tower dan yang lainnya. Diesel dammer ini bekerja dengan menggunakan mesin uap, 

10. Roller 

Sebenarnya nama alat ini adalah Pneumatic tire roller, namun kerap disingkat dan disebut jadi roller. Ini merupakan salah satu alat yang digunakan pada pekerjaan yang menghasilkan bahan granular. Tidak hanya itu saja, alat ini juga biasanya digunakan untuk menggilas lapisan hot mix yang ada. Oleh karena itu, alat ini sering digunakan sebagai alat pemadat tanah. Pada umumnya, roller ini terdiri dari beberapa jenis yang dapat kita ketahui, Berikut ini jenis – jenis roller yang umum digunakan :

  • Berdasarkan cara geraknya 
    • Ada yang gerak sendiri.
    • Ada yang harus ditarik menggunakan traktor. 
  • Berdasarkan bahan roda penggilas
    • Terbuat dari baja atau steel wheel
    • Terbuat dari karet atau pneumatic. 
  • Berdasarkan bentuk permukaan roda
    • Ada yang permukaannya halus atau plain
    • Bersegmen
    • Berbentuk kaki domba
    • Berbentuk grid
  • Berdasarkan susunan roda gilasnya
    • Menggunakan roda 3 atau  three wheel, 
    • Menggunakan roda dua atau tandem rolller three exle tanem roller.
  • Digunakannya alat pemadat dengan menggunakan penggetar / vibrator. 

11. Hydraulic Excavator

Biasanya perangkat ini sering disebut sebagai Pull Shovel atau Backhoe yang merupakan salah satu jenis alat berat yang paling dikenal oleh masyarakat dan paling sering dipakai juga. Namun dalam penggunaan alat ini harus disesuaikan dengan lapangannya. Secara efisien, dalam pengoperasiannya alat ini menggunakan metode heel and toe yaitu ujung dan pangkal yang dimulai dari atas sampai ke bagian bawah.

Alat ini dapat melakukan distribusi muatan hingga ke seluruh bagian vessel secara merata. Excavator terdiri dari dua jenis media penggeraknya yaitu ban dan crawler. Selain itu, sudah dilengkapi juga dengan crawler yang dapat memudahakan jika beroprasi di permukaan kasar dan kurang padat.

12. Compactor

Compactor merupakan alat yang digunakan untuk proyek pemadatan badan jalan, yang dimana pemadatan itu merupakan usaha penyusunan butir – butir material yang dipadatkan sehingga rongga udara dan air yang ada diantara butir tersebut dapat dihilangkan. Secara umum dalam proyek pemadatan jalan, alat ini terdiri dari tiga jenis yaitu tundem roller compactor, vibration roller compactor, dan pneumatic tired roller compactor.