Jalan Beton - Kelebihan dan Kekurangannya

Jalan Beton – Kelebihan dan Kekurangannya

Jalan Beton – Kelebihan dan Kekurangannya | Jalan merupakan sarana penghubung antara dua tempat atau wilayah. Dengan adanya jalan juga akan membuat roda perekonomian pada suatu wilayah berjalan.

Jalan Beton - Kelebihan dan Kekurangannya

Umumnya jalan yang banyak dibangun di berbagai negara adalah jalan aspal. namun kini seiring perkembangan konstruksi memunculkan jenis jalan baru yaitu jalan beton. Berbeda dengan jenis jalan aspal, jalan beton menggunakan material beton dalam membuatnya.

Jenis jalan ini juga diklaim lebih baik dibandingkan dengan jalan aspal, khususnya untuk daerah dengan tanah yang labil. Jalan aspal dapat langsung longsor bila tanah pondasinya longsor, namun hal tersebut tidak terjadi pada jenis jalan beton.

Jalan Beton – Kelebihan dan Kekurangannya

Akan tetapi dibandingkan dengan jalan aspal, jalan beton membutuhkan biaya yang lebih besar untuk membuatnya. Meski begitu, jalan beton juga cenderung lebih awet dibandingkan jalan aspal karena lebih jarang mengalami kerusakan. Lantas apa saja yang menjadi kelebihan jalan beton, berikut adalah beberapa kelebihannya :

Kelebihan Jalan Beton

1. Daya Tahan Tinggi

Tingkat kekerasan jalan beton memang lebih tinggi dibandingkan jalan aspal, karenanya jalan ini akan lebih aman untuk dilewati kendaraan berat sekalipun. Hal ini membuat berbagai jalan yang banyak dilalui kendaraan berat secara bertahap mulai diganti dengan jalan beton.

2. Elastisitasnya Tinggi

Kelebihan lainnya dari jalan beton adalah tingkat modulus elastisitasnya yang tinggi. Karenanya, genangan air bahkan banjir sekalipun bukan masalah besar untuk jenis jalan beton. Bahkan jalan beton juga dapat diaplikasikan pada jenis tanah dengan stabilitas rendah tanpa harus melakukan perbaikan struktur tanah dahulu.

3. Murah Dalam Pemeliharaan

Tidak dapat dipungkiri memang jenis jalan beton membutuhkan biaya yang mahal dalam pembuatannya. Bahkan untuk membuat jalan beton dengan kualitas terbaik untuk 1 km saja membutuhkan biaya hingga milyaran rupiah. Namun begitu hasil yang didapatkan juga sebanding karena jarang sekali jalan beton mengalami kerusakan. Selain itu, biaya pemeliharaan jalan beton juga cenderung lebih murah karena memang jalan beton dibangun dengan standar kualitas tinggi.

4. Material Mudah Didapatkan

Material yang digunakan untuk pembangunan jalan beton juga relatif lebih mudah didapatkan. Dengan begitu dalam pembangunan jalan beton juga bisa berjalan dengan lancar karena tidak ada masalah dengan pasokan bahan baku.

Akan tetapi dibalik semua keunggulannya tersebut, jalan beton juga mempunyai beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan dari jalan beton ini antara lain adalah :

Kelemahan Jalan Beton

1. Biaya pembuatannya mahal

Seperti yang sudah disebutkan dari awal, biaya pembuatan dan pengerasan jalan beton cenderung mahal. Karenanya modal yang diperlukan untuk membuat jalan beton juga akan lebih besar. Meskipun bahan baku pembuatan beton ini lebih mudah didapatkan, namun bahan baku ini cenderung lebih mahal.

2. Kualitas jalan ditentukan proses pembuatannya

Kualitas pengerasan jalan beton juga akan mempengaruhi kualitas jalan beton itu sendiri. Bila proses pengeringan jalan terlalu cepat dilakukan maka akan menimbulkan keretakan pada jalan beton. Proses pengecoran jalan juga akan sangat mempengaruhi tingkat kehalusan jalan. Namun proses pembuatan jalan beton tidak hanya itu saja, masih ada beberapa proses lainnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya di “pembuatan jalan beton”.

3. Menaikkan Ketinggian Elevasi Jalan

Meskipun proses perbaikan jalan beton sangat jarang dilakukan, namun ketika hal ini terjadi maka tingkat elevasi jalan akan naik. Hal ini terjadi karena jalan beton lama akan dibongkar dan dilapisi dengan beton baru untuk memperbaikinya. Dampaknya, dibandingkan jalan yang ada di sekitarnya, jalan beton mempunyai elevasi yang lebih tinggi.

Demikian beberapa kelebihan dan kelemahan dari jalan beton, dapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar konstruksi disini. Selain itu, kami juga menyediakan konsultasi seputar konstruksi melalui layanan kontak kami.