1. Home
  2. »
  3. Artikel
  4. »
  5. Pengukuran Ketebalan Lapisan Logam

Pengukuran Ketebalan Lapisan Logam

Halo, sobat Novotest Indonesia! Pengukuran ketebalan lapisan logam adalah salah satu hal yang sangat penting dalam proses produksi dan perbaikan. Hal ini sangat penting karena ketebalan lapisan logam yang tidak tepat dapat mempengaruhi kualitas produk, kinerja produksi, dan kinerja perbaikan. Memastikan kesesuaian dengan standar juga membantu untuk menentukan kesesuaian suatu produk dengan standar internasional, seperti standar ASTM atau ISO. Berikut ini merupakan alasan mengapa kita harus mengukur ketebalan lapisan logam.

Kenapa Harus Mengukur Ketebalan Lapisan Logam?

Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Pada Mobil
Gambar 1. Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Pada Mobil

1. Menentukan Kualitas dan Ketahanan Material

Ketebalan lapisan logam yang tidak tepat dapat menyebabkan salah satu atau lebih dari beberapa masalah seperti ketidakstabilan, korosi dan perubahan dimensi. Oleh karena itu, mengukur ketebalan lapisan logam sangat penting untuk memastikan bahwa produk telah  memenuhi spesifikasi/standar. Di samping itu, mengukur ketebalan lapisan logam juga bisa membantu mengurangi penggunaan bahan baku dan meningkatkan efisiensi pemakaian, seperti pada produksi mesin-mesin precision.

2. Mengurangi Risiko Kerusakan Material

ketebalan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah yang signifikan pada produk yang dihasilkan. Misalnya, jika ketebalan cat pada mobil tidak tepat, maka cat dapat mengelupas dan membuat mobil tampak kurang estetis. Selain itu, ketebalan yang tidak tepat pada suku cadang otomotif dapat menyebabkan masalah seperti korosi, keretakan, dan kebocoran. Contohnya pada saat Finishing dan perlindungan permukaan, pengukuran ketebalan lapisan logam dapat membantu memperpanjang umur pemakaian suatu benda, seperti mengurangi korosi pada pipa atau mobil.

3. Mempengaruhi Kinerja Produksi dan Perbaikan

Selain itu, ketebalan lapisan logam yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi kinerja produksi. Misalnya, ketebalan yang tidak tepat pada benda kerja dapat menyebabkan proses produksi menjadi tidak stabil, yang dapat mempengaruhi hasil produksi. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses produksi.

Pengukuran ketebalan tersebut juga sangat penting dalam proses perbaikan. Meskipun perbaikan dapat mengganti komponen yang rusak atau korosi, hal ini sering kali membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu yang lama. Oleh karena itu, dengan mengukur ketebalan lapisan logam pada permukaan yang rusak, teknisi dapat menentukan apakah masih memungkinkan untuk memperbaiki lapisan logam yang masih cukup tebal.

4. Pemeliharaan Rutin

Mengukur ketebalan lapisan logam juga sangat penting dalam pemeliharaan rutin. Kalau secara rutin, teknisi dapat mengukur ketebalan lapisan logam pada permukaan yang terkena korosi atau aus dan kemudian mengambil tindakan pencegahan sebelum masalah yang lebih serius terjadi.

Bagaimana Cara Mengukurnya?

Pengukuran ketebalan lapisan logam dapat menggunakan beberapa metode di antaranya dapat menggunakan alat elektromagnetik maupun ultrasonik. Elektromagnetik bekerja dengan mengirimkan sinyal listrik ke permukaan lapisan logam dan kemudian mengukur sinyal yang dipantulkan kembali ke alat. Sinyal tersebut akan memberikan informasi pengukuran tentang ketebalan lapisan logam.

Sedangkan, pengukuran ultrasonik melibatkan pengiriman gelombang ultrasonik ke permukaan logam dan kemudian mengukur waktu yang diperlukan untuk gelombang untuk kembali ke alat. Informasi tersebut berguna untuk menghitung ketebalan lapisan logam.

Kesimpulan

Pengukuran ketebalan lapisan logam adalah hal yang sangat penting dalam proses produksi dan perbaikan. Hal ini memastikan kualitas produk terkait kinerja mesin produksi, dan kinerja proses perbaikan. Pengukuran ketebalan lapisan logam menggunakan metode seperti pengukuran elektromagnetik dan ultrasonik. Oleh karena itu, produsen dan teknisi harus memahami pentingnya mengukur ketebalan lapisan logam dalam proses produksi dan perbaikan.

Baca juga artikel lainnya yang relevan: