Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

Penghasil Batubara Terbesar di Dunia – Batubara menjadi sumber energi paling besar didunia setelah minyak bumi. Oleh sebab itu tak heran bila, dunia masih sulit melepaskan ketergantungan pada energi fosil yang satu ini. Bahkan penggunaan sumber daya batubara ini dari tahun ke tahunnya terus mengalami peningkatan. Meskipun begitu, batubara juga memiliki dampak negatif yaitu kerusakan lingkungan pasca tambang dan polusi emisi karbon dari batubara yang dibakar.

Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

Di beberapa negara , cadangan batubara mengalami penipisan akibat terus menerus ditambang. Hal ini, membuat sebagian negara menekan tingkat produksi komoditas emas hitam atau batubara tersebut. Oleh karena itu, posisi negara produsen batubara di urutan teratas menjadi sering berganti ganti. Berikut beberapa daftar negara penghasil batubara :

1. Tiongkok

Negeri tirai bambu ini memproduksi batubara mencapai 3,55 miliar ton setiap tahunnya, sehingga berada di urutan pertama sebagai penghasil batu bara terbesar didunia dan belum pernah tergeser hingga saat ini selama 10 tahun terakhir. Selain menjadi negara produsen batubara terbesar sejagad, tiongkok juga menjadi salah satu negara langganan importir batubara. Dengan konsumsi energi tiongkok yang juga sangat begitu banyak.

2. India

Dengan produksi batubara yang mencapai 771 juta ton, menjadikan negara india sebagai negara kedua penghasil batubara terbesar sejagad. Di india sendiri,batubara sangat berguna sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik utama.

3. Amerika Serikat

Dilaporkan pada tahun 2018, negeri paman sam ini menambang batubara hingga sebanyak 685 juta ton. Oleh sebab itu menjadikan amerika serikat sebagai negara produsen batubara terbesar ketiga setelah tiongkok dan india.

4. Indonesia

Secara global, indonesia dinobatkan sebagai negara penghasil batubara terbanyak keempat dengan produksi batubara sebanyak 549 juta ton pada tahun 2018. Indonesia mencapai puncaknya dalam memproduksi batubara pada sekitar tahun 2005 hingga tahun 2010, pada daerah terbanyak dikeruk yaitu kalimantan.

5. Australia

Negeri Kanguru tercatat sebanyak 483 juta ton dalam memproduksi batubara pada tahun 2018. Secara tradisional menjadikan australia negara masuk ke dalam deretan produsen batubara terbesar didunia sejak 10 tahun lalu.

6. Rusia

Pada tahun 2018, Rusia memproduksi batubara mencapai 420 juta ton. Produksi batubara di negara rusia tiap tahunnya terus menurun dan mulai tergantikan sumber energinya oleh nuklir dan gas alam, sehingga yang sebelumnya pernah menjadi negara produksi batubara terbesar didunia mulai tergantikan.

7. Afrika Selatan

Negara ini memproduksi mencapai hingga 259 juta ton. Negara Afrika selatan ini juga sebelumnya sama dengan rusia, pernah menjadi negara produsen tersebar didunia, sebelum akhirnya posisi tersebut mulai tergeser oleh negara negara besar lain.

8. Jerman

Pada tahun 2018, tercatat jerman menjadi negara eropa setelah rusia yang memiliki cadangan batubara paling melimpah dengan nilai produksi hingga 169 juta ton.

9. Polandia

Negara polandia sangat memanfaatkan separuh energi listriknya menggunakan batubara, dengan produksi mencapai 122 juta ton menjadikan polandia berada di peringkat ke sembilan sebagai negara produksi batubara tertinggi di dunia.

10. Kazakhtan

Dilaporkan pada tahun 2018, produksi batubara di negara kazakhtan ini mencapai 114 juta ton. Memiliki cadangan batubara sebesar 25,6 miliar ton atau dapat dikatakan memiliki 2,2% cadangan batubara dunia. Menjadikan khazakhtan masuk ke dalam posisi negara penghasil batubara terbesar dunia.