Metode Penambangan Emas

Metode Penambangan Emas

Metode Penambangan Emas – Menambang mineral bumi tentu bukanlah hal yang mudah, karenanya diperlukan penelitian, metode dan cara yang tepat. Hal ini penting, selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan efektif juga demi keselamatan para pekerjanya. Penambangan seperti halnya tambang emas tentu juga mempunyai resikonya tersendiri, karenanya pemahaman akan metode penambangan harus diketahui oleh pihak terlibat.

Metode Penambangan Emas

Metode Penambangan Emas

Ada beberapa metode penambangan yang dilakukan pada industri pertambangan emas. Jenis dan variasinya cukup sangat beragam tergantung dari keadaan dan kondisi tertentu pada bahan serta lokasi tambang tersebut. Berikut beberapa jenis metode dalam penambangan emas :

1. Penambangan Produk Samping

Penambangan sampingan ini disebut juga dengan nama by-product mining. Dalam penambangan ini dilakukan apabila ditemukan kandungan emas yang lain pada lokasi penambangan tersebut. Oleh karena itu lokasi atau tempat penambangan itu berada satu lokasi dengan area bahan penambangan bahan  yang lainnya. Pada hal ini, penambangan emas dilakukan sebagai satu bentuk diversifikasi usaha yang dijalankan oleh perusahaan penambangan.

2. Penambangan Terbuka

Pada umumnya untuk penambangan emas dilakukan pada tempat yang areanya terbuka dengan membuat lubang galian emas. Pembuatan lubang ini dapat dilakukan dengan menggunakan peledakan area untuk mengambil mineral galian  yang terkandung di dalam tanah tempat lokasi peledakan. Mineral emas juga terdapat didalam kandungan mineral galian.

Selanjutnya dilakukan pengolahan pada batuan blasted yang sudah dikumpulkan, sampai akhirnya menghasilkan kandungan emas murni. Pada proses ini biasanya menggunakan sebuah teknik ekstraksi bijih untuk memisahkan kandungan emas dari substansi lainnya yang ikut tercampur.

3. Penambangan Batu Keras Bawah Tanah

Pada penambangan batu keras yang terdapat dibawah tanah ini dilakukan dengan menggunakan teknik pembukaan lapisan bawah tanah yang mengandung batuan kasar. Dalam melakukan penambangan biasanya dibuat trowongan dengan bentuk jaringan atau saluran. Lalu untuk batuan besar terdapat disekitar trowongan akan dilakukan ekstraksi kandungan emas yang terdapat di dalamnya hingga menghasilkan emas murni.

Metode ini dapat dilakukan untuk lapisan yang berada di lapisan bawah tanah, dengan jarak yang cukup panjang. Karena permukaan tanah yang semakin dalam terdapat temperatur terowongan yang semakin panas. Dan hal ini akan berdampak pada sistem kerja penambangan di bawah tanah.

4. Heap Leaching

Metode ini dilakukan dengan melakukan pemberian cairan kimia berupa sianida yang dicampurkan ke batuan berisikan kandungan emas yang nantinya akan berubah menjadi cairan yang selanjutnya dapat dipisahkan guna mendapatkan kadar emas murninya. Pada umumnya penggunaan metode ini karena sebagian besar emas yang didapatkan merupakan emas yang tercampur dengan mineral dan subtansi lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya pemisahan antara substansi ini yang pada akhirnya akan didapatkan emas dengan kadar murni yang tak tercampur dengan substansi lainnya.