Konsep Desain Minimalis Pada Interior Rumah

Konsep Desain Minimalis Pada Interior Rumah

Konsep Desain Minimalis Pada Interior Rumah – Diantara kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep desain minimalis. Sebagai salah satu istilah yang paling mencuat di dunia arsitektur serta interior rumah, desain minimalis menjadi terkenal dengan slogan “less is more” sejak tahun 1960 hingga 1970 an.

desain minimalis

Konsep Desain Minimalis Pada Interior Rumah

Meskipun terkesan simpel, desain minimalis sesungguhnya menambahkan prinsip yang cukup kompleks dalam pencapaiannya. Lantas, apa saja yang wajib menjadi perhatian dalam konsep desain minimalis? Simak penjelasan berikut.

  • Prinsip Desain Minimalis

Dalam desain minimalis pada arsitektur dan interior rumah, ruang, objek serta pencahayaan memegang peranan penting. Bukan berarti semuanya bersifat sederhana, simpel atau minimal, konsep desain ini sesungguhnya punya ciri khas yang kuat serta sangat berkesan.

Kreativitas desain minimalis bukan datang dari unsur yang kaku, membosankan atau memiliki kesan kosong. Konsep interior desain ini juga bukan berarti ‘murah,’ namun wujud konsep desain yang sukses punya gaya luks, mewah, indah dan elegan. Dalam bentuknya yang simpel dan berguna namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

  • Karakter Umum Desain Minimalis

Desain minimalis wajib mengusung poin yang sederhana, efisien serta tidak berbelit-belit. Volume ruang menitikberatkan pada kejelasan serta simplisitas antara desain dengan fungsionalitas yang jelas.

Karakteristik wajib desain minimalis meliputi bentuk dan garis yang simpel, dinding interior yang minimal, lantai yang terbuka, sederhana, ruang penyimpanan yang memadai dan punya akses pencahayaan yang sesuai dan mencukupi.

  • Monokrom pada Desain Minimalis

Kalian akan jarang menjumpai warna-warni yang ekstra atau berlebihan pada desain minimalis. Minimalisme memang menghindari warna yang terang dan juga terlalu berani. Sebaliknya, konsep desain minimalis akan mengusung palet warna netral seperti putih, beige, atau abu-abu dan sejenisnya.

Skema warna monokrom mengurangi makna tak perlu dari sebuah desain sehingga sesuai dengan prinsip konsep desain ini.Biasanya, skema warna monokrom akan disandingkan dengan sejumlah warna lembut seperti variasi warna pastel apabila konsep desain minimalis ingin dimodifikasi sesuai kepribadian pemilik hunian.

  • Pentingnya Pencahayaan

Arsitektur dan interior rumah desain minimalis selalu memiliki ciri khas dengan ruang yang bersih, terbuka serta disinari cahaya. Pencahayaan fundamental akan juga dibarengi dengan warna netral baik untuk dinding ataupun, serta detail modern pada aksesoris lampu yang menenangkan, atraktif serta memiliki ciri khas keindahan tersendiri.

Perpaduan antara pencahayaan dan aksesoris minimal menjadikan sebuah ruangan desain minimalis terasa lenggang, nyaman, dan juga dialiri udara bebas. Suasana hangat dan tenang akan tercipta serta bukan terasa dingin atau steril kaku.

  • Mengutamakan makna Fungsi

Eliminasi pemborosan merupakan salah satu ketentuan rancangan minimalis yang penting. Konsep desain ini tidak akan mengadakan objek yang tidak memiliki fungsi. Oleh sebab itu, apabila kalian berminat memilih konsep desain ini, pastikan dulu apa saja benda yang berguna dan enyahkan yang tidak punya fungsi jelas.

Ini bukan berarti konsep desain minimalis terlalu kaku, akan tetapi desain ini memiliki keunikan yang mengutamakan fungsionalitas sebuah benda. Ornamen dan aksesoris rumah juga hanya terbatas pada kuantitas tertentu dan tidak berlebihan.

  • Interaksi Visual antara Tekstur & Karakter

Desain minimalis pada sebuah rumah juga dapat dicapai dengan strategi ini. Ciptakan interaksi antara material, fungsi serta detail benda-benda yang ada. Tidak perlu membersihkan rumah secara agresif untuk membuang semua barang. Akan tetapi, pilihlah sesuai urutan, fungsi dan juga kejelasannya. Permainan antara tekstur, warna dan bentuk antara benda dan ruang mampu menciptakan ke estetikan tersendiri pada konsep desain ini juga.

  • Selalu Pilih Kualitas

Terakhir, agar desain arsitektur dan interior sebuah rumah mampu berjalan, maka utamakanlah kualitas secara maksimal. Pada desain minimalis tidak mengutamakan kuantitas melainkan estetika yang jelas. Pilihlah bahan, aksesoris, detail dan semua unsur desain yang terbaik serta memiliki kualitas tinggi.