Jenis Mur dan Baut

Jenis Jenis Mur dan Baut

Jenis Jenis Mur dan Baut – Baut atau bolt adalah suatu batang maupun tabung yang terbuat dari logam dan dibentuk alur heliks atau tangga spiral di permukaannya. Sedangkan mur merupakan pasangan dari baut tersebut, keduanya tentu sudah bukan barang asing lagi untuk kita.

Jenis Mur dan Baut

Keduanya berfungsi untuk menggabungkan beberapa komponen agar menjadi satu bagian yang tidak permanen atau dapat dilepas kembali. Karenanya dengan kedua benda ini membuat benda yang disambung dapat bergabung dengan kuat namun dapat dilepas kembali tanpa merusaknya.

Jenis Jenis Mur dan Baut

Kedua benda ini banyak dipakai sebagai pengerat dengan ulir yang mengarah ke kanan yang memutar searah jarum jam untuk mengencangkannya. Sedangkan untuk jenis ulir kiri banyak dipakai untuk kebutuhan tertentu karena berlawanan dengan arah jarum jam, contohnya adalah seperti pada pedal sepeda.

Jenis Baut dan Penjelasannya

Meskipun pada dasarnya sama, namun baut mempunyai beberapa jenisnya sendiri. Biasanya pada berbagai merk produk mempunyai jenis bautnya sendiri. Hal ini berfungsi sebagai orisinalitas dan juga pembeda dengan pesaingnya. Namun secara umum, berikut adalah beberapa jenis baut yang umum digunakan :

1. Carriage Bolts

Jenis baut carriage bolts banyak dipakai untuk menyambung komponen seperti kayu, baut ini berbentuk kubah pada bagian kepalanya dengan bentuk segi empat pada lehernya. Fungsi bentuk persegi pada bagian leher baut ini berguna untuk mengeratkan komponen yang akan disambungkan. Bagian ini akan menekan masuk ke dalam kayu untuk menghasilkan ikatan yang kuat.

2. Square Head Bolts

Baut jenis ini menjadi salah satu jenis baut yang paling banyak digunakan dan menjadi favorit. Baut ini berbentuk segi empat pada kepalanya dan banyak digunakan pada berbagai industri berat maupun pekerjaan konstruksi.

3. Flange Bolts

Flange bolts merupakan baut dengan kepala bagian bawahnya mempunyai hubungan atau flens yang didesain untuk memberikan kekuatan pada baut, hal ini sama seperti memakai washer. Flange bolts dibuat dari beragam bahan mulai dari besi hingga jenis baja hitam.

4. Hex bolts

Baut jenis hex bolts banyak digunakan dalam pekerjaan konstruksi maupun perbaikan, dengan kepalanya yang berbentuk segi enam atau hexagonal. Bahan baku untuk membuat baut ini disesuaikan dengan material komponen yang akan dihubungkan. Material seperti stainless steel, carbon steel hingga alloy steel digunakan untuk membuat baut ini, material tersebut seringkali dilapisi menggunakan kadium atau seng plating agar tidak terbentuk korosi.

Jenis Mur dan Penjelasannya

Sama halnya dengan baut, mur juga mempunyai beberapa jenis agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis mur yang umum digunakan :

1. Mur Segi Enam

Mur segi enam sering disebut dengan hexagonal plain nut dan banyak diaplikasikan pada berbagai keperluan industri.

2. Castellated nut

Jenis mur ini mempunyai bentuk mahkota pada kepalanya dan dilengkapi slot pengunci atau sering disebut castellated nut & slotted nut. Mur jenis ini merupakan jenis yang dilengkapi menggunakan mekanisme penguncian karena kepala mur berguna untuk mengunci posisi mur agar posisinya tidak berubah.

3. Mur Pengunci

Mur pengunci atau lock nut adalah jenis mur yang ukurannya lebih tipis dari pada jenis mur pada umumnya. Mur jenis ini umumnya dipasangkan pada bawah mur utama yang berguna sebagai pengunci.